Berimajinasi Liar dengan “Wannabe”

Walau terkesan menggelikan, tapi akuilah kenyataan ini: kita yang besar di era 90-an, tak luput menikmati lagu “Wannabe” milik Spice Girls. Ya, ya, teruskan memutar ulang memorinya: kelima gadis yang merecoki sebuah acara makan malam, berlarian sana-sini dan memanjat meja, dilanjut dengan teriakan khas ‘Wanna Zig A Zag Ahhhh’ yang disahut oleh sang “Scary Spice” yakni Melanie Brown/Mel B. Sungguh, tembang legendaris yang tanpa diputar klipnya pun, bagi saya mampu ‘membangunkan’ hasrat lelaki—dari pertama mendengar sampai saat ini. Terlepas dari hal menyimpang tersebut, lagu tersebut memang pantang diremehkan.

Dirilis bertepatan pada hari ini yakni 8 Juli 1996, “Wannabe” merupakan sebuah lagu dengan cita rasa ala pop, hip-hop, ditambah rapalan yang malah terkesan jauh dari definisi rap pada umumnya. Didaulat menjadi yang paling sukses sepanjang masa di kelasnya, grup wanita yang juga ditenagai Melanie Chishlom (Sporty Spice), Geri Halliwell (Ginger Spice), Emma Bunton (Baby Spice), dan Victoria Adams (Posh Spice) ini sukses membuat gerbang baru bernama teen pop. Mungkin tanpa sekumpulan (yang saat ini lebih tepat dipanggil) ibu-ibu tersebut, tak akan ada solois atau grup entah boy atau girl yang bergerilya di billboard atau layar kaca saat ini.

Sederhana saja, “Wannabe” bercerita tentang bagaimana membangun serta menghargai persahabatan, meski konteksnya lebih condong antar kaum hawa. Jika ditilik lebih dalam, tembang ini merupakan ode menolak penindasan dari laki-laki terhadap perempuan, yang direpresentasikan lewat lirik serta akting dalam klipnya yang beringas nan sukses menambah dahaga itu. Meski kini sibuk masing-masing, namun gaung “Wannabe” diprediksi akan terus menggema dalam ranah musik pop.

Entah dicap sebagai genre cemen atau apapun itu, pop ala remaja saat ini enggan dan sukar musnah, karena kita tahu sendiri: Spice Girls sebagai tonggaknya, beserta lagu kebangsaannya “Wannabe” adalah suatu kebesaran yang tak juga goyah. Liriknya yang nakal, perpaduan vokal nan apik, serta penampilannya yang menggemaskan itu… Oh my God. Jangan biarkan pikiran Anda menjadi liar, sila lihat video klip “Wannabe” di bawah ini.

Diolah dari berbagai sumber

Foto: net

Bobby Agung Prasetyo

Merujuk pada tipe indikator a la Myers-Briggs yang banyak orang bilang palsu, Bobby Agung Prasetyo memiliki jenis kepribadian INFJ. Mengimani profesi sebagai seorang jurnalis, pengajar, dan sedikit-sedikit meneliti.