Rolo Tomassi – Grievances (2015)

Materi baru, hentakan baru.

rolo tomassi - grievances (kotak)

Guess what? Yeah! Rolo tomassi, grup band asal Sheffield, Inggris, hadir dengan album terbarunya yang bertajuk Grievances. Lantunan nada-nada nan ‘skizofrenia’serta diiringi distorsi gitar khasnya ini, kembali memanjakan para pecinta musik mathcore/experimental yang telah menunggu sekian lama sejak paket terakhirnya rilis, Astraea, 2012 lalu.

Nomer pertama, Estranged, seharusnya menjadi lagu pemuas bagi yang khawatir bahwa Rolo Tomassi akan bubar. Di menit-menit pertama, kita akan mendengar nuansa Converge dengan suara parau khas dari Eva Spence. Kedua, Raumdeuter, benar-benar tercipta dengan material yang sepenuhnya menarik; walau di satu sisi terdengar seperti salah satu bagian dari Album of the Year-nya Faith No More yang kolosal dan eksentrik. Berikutnya, tersaji secara jelas Prelude III (phantoms), Opalescent, Unseen And Unknown, Stage Knives, Crystal, Chandelier Shiver, Funereal, dan All That Has Gone Before. Barisnya yang terbilang banyak, dirasa cocok untuk dipasang sebagai playlist sehari-hari.

Jujur, saya tak ingin melewatkan satu lagu dalam Grievances yang sukses membuat diri ini berjingkrak: Funereal. Bakat kemampuan bermusik band satu ini, benar-benar terasah. Kita akan mendengar dentuman pedal yang berontak, selaras dengan alunan distorsi kacau penuh gemuruh. Tak lupa, vokal sopran milik Eva pun membuat lagu ini lebih eksperimental dari beberapa materi sebelumnya—sayang bila dilewatkan. Pasca sepuluh tahun dibentuk, Rolo Tomassi terus menggebrak dan menjerit dari bawah tanah Sheffield lewat album terbarunya. Tetap stick dengan genre yang diusung, Grievances merupakan kemasan epik dari salah satu band cadas paling konsisten di Britania Raya. Reccomended!

Oleh: M. Ghafur Fadillah

Redaksi

Kirim karya tulisan Anda tentang musik atau aspek-aspek yang berkaitan dengan hal tersebut ke e-mail: redaksi.surnalisme@gmail.com dengan mencantumkan nama serta penjelasan singkat tentang diri Anda. Tulisan akan disebar dalam situs serta kanal-kanal media sosial kami. Tabik! :)