Slowdive Hadirkan Dokumenter Souvlaki

Rekam jejak goresan shoegazing paling memukau dari album kedua milik band alternative Britania Raya.

Slowdive Cover

Oleh: Karel

Penggemar raungan rock alternatif khususnya shoegaze, dream pop, maupun ambient bisa dibilang teramat senang pada pekan ini, alasannya kalau bukan peluncuran sebuah film dokumenter dari salah satu penggerak jenis musik ini yaitu Slowdive. Pasalnya, grup bentukan tahun 1989 yang kini diperkuat Neil Halstead (vokal, gitar), Rachel Goswell (vokal, gitar), Christian Savill (gitar), Nick Chaplin (bas) dan Simon Scott (drum) menggelontorkan sebuah dokumenter eksklusif berisikan pembuatan album penuh paling hebat dan dikenang oleh para penikmat shoegazer sejagat, Souvlaki di tahun 1993. Slowdive mempersilakan kanal video dari portal berita musik kekinian—yang selalu diburu pecinta musik underatted dan juga hipster—Pitchfork untuk menangani sekaligus memperlihatkan rentetan alur pembuatan album tersebut dalam rubrik khusus rilisan klasik nan esensial berdurasi kurang lebih 53 menit.

Souvlaki sendiri merupakan full album kedua dari Slowdive yang memuat hits-hits macam “Alison”, “40 Days”, “Sing” sampai “Dagger” dengan bantuan perilisan oleh label milik Alan McGee yang identik menaungi unit-unit indie pop, alternative rock, shoegaze, hingga post punk, yaitu Creation Records. Dalam adegan film ini pula terlihat bagaimana band asal kota Reading, Berkshire, UK ini tumbuh di scene alternative/shoegaze yang bernaung di Thames Valley University. Beberapa footage penampilan Slowdive di berbagai gigs dari skala kecil hingga besar menjadi sajian manis. Selain itu pula diperlihatkan bagaimana terjalin sesi wawancara khusus dengan para personil, produser, engineer sampai pemilik label, dan pasti potongan scene akan proses penggarapan album yang sempat melibatkan musisi senior, Brian Eno. Enjoy this and gazing your eyes!

Foto: www.slowdiveofficial.com

Redaksi

Kirim karya tulisan Anda tentang musik atau aspek-aspek yang berkaitan dengan hal tersebut ke e-mail: redaksi.surnalisme@gmail.com dengan mencantumkan nama serta penjelasan singkat tentang diri Anda. Tulisan akan disebar dalam situs serta kanal-kanal media sosial kami. Tabik! :)